Soal
1.
mengapa perusahaan membutuhkan supply chain management ?
2.
sebutkan 3 tujuan / objectives dari supply chain management ?
3.
sebutkan 6 perusahaan yang telah sukses menerapkan supply chain
management ?
4.
sebutkan 4 aspek mengapa ERP sangat penting ?
5.
sebutkan 7 keuntungan menggunakan ERP ?
6.
menurut anda, apakah keuntungan terbesar yang diperoleh oleh air
asia dengan menerapkan CRM ?
7.
dari sejumlah dampak positif yang dialami oleh PT. Bentoel
dengan menerapkan ERP, manakah yang menurut anda paling penting, sebutkan
alasan anda ?
8.
sebutkan lima tujuan / objectives dari Customer relationship
management ?
9.
sebutkan 4 fitur yang secara umum tersedia pada aplikasi CRM.
10.
jelaskan perbedaan antara CRM yang hosted diperusahaan (On
premises) dan CMR yang berbasic claoud.
11.
apakah yang dimaksud dengan social CRM ?
12.
apakah dua hal utama yang menjadi perbedaan antara CRM dengan
social CRM (menurut jacob morgan)
13.
pada masa sekarang ini,apakah sebuah perusahaan cukup
menggunakan CRM (tradisional) saja, / harus menggunakan social CRM ? jelaskan
pendapat anda?
14.
jelaskan 4 langkah dalam proses pelaksanaan social CRM,beri
penjelasan apa yang dilakukan pada setiap langkah ?
15.
salah satu latar belakang munculnya social CRM adalah terjadinya
pergeseran dari information asymmetry menjadi informasi democracy, apakah yang
dimaksud dengan information asymmetry ?
16.
dalam pengertian information democracy ada istilah
information is ubuiqiutos ? apa maksudnya ?
17.
sebutkan 3 dari lima ciri-ciri social customer, jelaskan?
18. dengan berubahnya
model marketing tradisional menjadi kompleks, digunakannya mediaa social serta
penggunaan social CRM menurut anda apakah pelanggan ?diuntungkan atau dirugikan
? berikan penjelasan ?
Jawab !!!
1.
Tujuan utama dari supply chain management adalah
untuk memenuhi permintaan pelanggan melalui penggunaan sumberdaya paling
efisien, termasuk kapasitas distribusi, persediaan dan tenaga kerja. Secara
teori, sebuah supply chainberusaha untuk memenuhi permintaan dengan
pasokan dan melakukannya dengan persediaan minimal.
2.
Tujuan
a. Menentukan tingkat
outsourcing yang tepat
Mengelola pembelian / pengadaan suatu barang
Mengidentifikasi masalah dan merespon masalah dengan cepat
Mengelola pembelian / pengadaan suatu barang
Mengidentifikasi masalah dan merespon masalah dengan cepat
3.
– 6 perusahaan yang menerapkan SCM
a.
Carrefour indonesia
b.
Pt. Frisian flag indonesia
c.
Pt. aneka tambang
d.
unilever
e.
nike
f. samsung
4.
– 4 aspek ERP
a.
Aspek user
b.
Aspek komitmen
c.
Aspek pelatihan
d. Aspek perubahan
5.
-7 keuntungan menggunakan ERP
a.
Integritas bisnis & Akurasi data
b.
Perancanaan & management sistem informasi
c.
peningkatan efisiensi dan produktivitas
d.
pembektukan standarisasi prosedur
e.
lebih mudah disesuaikan dengan kebutuhan bisnis
f.
penyimpanan data yang lebih aman
g. mengurangi
ketergantungan pada sumber daya IT
6.
– keuntungan terbesar yang diperoleh air asia dengan menerapkan
CRM
a.
Eekti untuk mengatasi rute yang telah terbukti menguntungkan
yaitu malaysia – singapura
b.
membantu perusahaan untuk mengindetiikasi pelanggan setia
c. melaksanakan
program loyalitas untuk memperlakukan mereka lebih baik
7.
– meningkatkan produktivitas bisnis seperti meningkatnya
kecepatan proses data dan kecepatan proses bisnis
8.
Tujuan Customer Relationship Management (CRM)
Dalam penerapannya CRM memiliki beberapa tujuan menurut
Lukas (2001:6), diantaranya :
a.
Mendapatkan pelanggan
b.
Mengetahui pelanggan
c.
Mempertahankan pelanggan yang menguntungkan
d.
Mengembangkan pelanggan yang menguntungkan
e. Merubah pelanggan
yang belum menguntungkan menjadi menguntungkan.
9.
-4 fitur aplikasi CRM
a.
Vtiger
b.
Sales force
c.
Zoho
d. Sugar CRM
10. On-Premise CRM adalah CRM
yang diterapkan secara konvensional, yang mana mulai dari pengadaan hingga
pengaturan infrastruktur maupun software dilakukan oleh perusahaan itu sendiri.
Seperti mulai dari Server, Developer, Design dan lain sebagainya dilakukan oleh
perusahaan. Perusahaan dapat dengan mudah mengontrol semua database yang ada
didalamnya karena semua data disimpan dimana perusahaan itu berada. Hanya saja,
perusahaan perlu mengeluarkan biaya lebih besar karena harus merekrut tim IT
sendiri.
Cloud Based CRM adalah CRM yang dioperasikan dengan
sistem Remote Location dan tersedia untuk semua klien yang tersedia jaringan
internet. Cloud Based CRM ini pada dasarnya adalah Software-as-a-Service dimana
perusahaan cukup menggunakan aplikasi/software untuk menggunakan CRM. Semua
data disimpan dalam cloud yang disediakan oleh penyedia atau provider.
Perusahaan cukup log in pada Software untuk mengakses data pada CRM. Perusahaan
pun tidak perlu melakukan pengadaan infrastruktur atau merekrut tim IT karena
seluruh keperluan maupun pengaturan yang berhubungan dengan software dan server
ditangani oleh provider.
11. Social CRM (SCRM)
menggambarkan strategi bisnis yang menambahkan elemen media sosial ke
manajemen hubungan pelanggan lama. … Tujuan jangka panjang dari CRM
Sosial adalah untuk meningkatkan kepuasan dan pendapatan pelanggan.
12. 2 hal utama
·
CRM merupakan filosofi dan startegi bisnis yang didukung oleh
teknologi peraturan bisnis proses
·
Sosial CRM menunjukan kuatnya power pelanggan di era social
media
13. – mengunakan beberapa keunggulan social
CRM dibandikan dengan tradisional CRM yang belum menginterasikan social media
dalam sistem CRM
·
menjelaskan betapa pentingnya social CRM bagi perusahaan
harapanya tulisan ini akan membuka maka perusahaan yang hingga saat ini belum
mengimplementasikan social CRM dalam aktivitasnya
14.
Gamification
Gamification merupakan istilah yang digunakan saat kita melakukan
pengaplikasian mekanisme yang terdapat dalam permainan atau game,
untuk kemudian diterapkan pada segala aktivitas non game. Dalam hal
pemasaran, gamification dapat diterapkan untuk tujuan seperti
meningkatkan engagement dan kompetisi di antara pelanggan.
Sebagai contoh, menerapkan leaderboard tentang pelanggan yang
paling memiliki poin terbanyak dalam hal penggunaan layanan produk A.
E-mail Marketing
E-mail marketing menjadi salah satu saluran yang tepat
untuk tetap menjalin hubungan dengan pelanggan. Mengingat, salah satu
keunggulan dari e-mail marketing adalah karakteristiknya yang
personal. Namun, kita pun perlu strategi yang tepat dalam penerapan saluran
pemasaran satu ini; yang terpenting, jangan pernah mengirimkan e-mail
marketing sesering mungkin sebab akan mengganggu atau bahkan dianggap
sebagai spam.
Penawaran Ekslusif
Pelanggan menyukai segala bentuk penawaran
ataupun promosi, telebih dengan penawaran yang bersifat ekslusif. Biasanya,
penawaran ini diberikan sebagai tujuan program loyalitas pelanggan.
Sistem Poin
Sistem poin ini menjadi salah satu
sistem reward yang patut untuk diterapkan. Semakin banyak
pelanggan yang menggunakan produk/layanan kita, semakin banyak pula poin yang
mereka kumpulkan. Nantinya, reward dari poin tersebut dapat
ditukarkan dengan vocer, diskon, ataupun penawaran khusus lainnya yang nantinya
dapat mendorong pembelian berulang.
15. Asymmetric information adalah
suatu kondisi dimana salah satu pihak memiliki informasi lebih banyak atau
lebih baik daripada pihak lain. Dalam konteks perusahaan, manajer memiliki
informasi yang lebih baik tentang kondisi perusahaan dibandingkan dengan
investor yang tidak terlibat didalam manajemen.
16. Ubiquitous computing system merupakan perubahan paradigma dari personal computing menjadi physical integration.
17. Media sosial mempunyai ciri-ciri sebagai
berikut:
·
Pesan yang di sampaikan tidak hanya untuk satu orang saja namun
bisa keberbagai banyak orang contohnya pesan melalui SMS ataupun internet
·
Pesan yang di sampaikan bebas, tanpa harus melalui suatu
Gatekeeper
·
Pesan yang di sampaikan cenderung lebih cepat di banding media
lainnya Penerima
·
pesan yang menentukan waktu interaksi
18. CRM bukanlah
sebuah teknologi tapi sebuah strategi. Tujuan dari CRM adalah mampu
memuaskan pelanggan, baik dengan menggunakan teknologi ataupun tidak. Kunci
dari memuaskan pelanggan adalah bagaimana kita bisa mengidentifikasi konsumen,
mengetahui keinginan dari konsumen dan kemudian mengetahui opini dari konsumen
terhadap produk ataupun perusahaan kita. Kita hidup di dunia globalisasi dan
dunia tanpa batas.
0 Komentar untuk "Soal dan jawaban Sistem Enterprise"