Visit Namina Blog

Soal dan jawaban Sistem Enterprise


Soal
1.      mengapa perusahaan membutuhkan supply chain management ?
2.      sebutkan 3 tujuan / objectives dari supply chain management ?
3.      sebutkan 6 perusahaan yang telah sukses menerapkan supply chain management ?
4.      sebutkan 4 aspek mengapa ERP sangat penting ?
5.      sebutkan 7 keuntungan menggunakan ERP ?
6.      menurut anda, apakah keuntungan terbesar yang diperoleh oleh air asia dengan menerapkan CRM ?
7.      dari sejumlah dampak positif yang dialami oleh PT. Bentoel dengan menerapkan ERP, manakah yang menurut anda paling penting, sebutkan alasan anda ?
8.      sebutkan lima tujuan / objectives dari Customer relationship management ?
9.      sebutkan 4 fitur yang secara umum tersedia pada aplikasi CRM.
10. jelaskan perbedaan antara CRM yang hosted diperusahaan (On premises) dan CMR yang berbasic claoud.
11. apakah yang dimaksud dengan social CRM ?
12. apakah dua hal utama yang menjadi perbedaan antara CRM dengan social CRM (menurut jacob morgan)
13. pada masa sekarang ini,apakah sebuah perusahaan cukup menggunakan CRM (tradisional) saja, / harus menggunakan social CRM ? jelaskan pendapat anda?
14. jelaskan 4 langkah dalam proses pelaksanaan social CRM,beri penjelasan apa yang dilakukan pada setiap langkah ?
15. salah satu latar belakang munculnya social CRM adalah terjadinya pergeseran dari information asymmetry menjadi informasi democracy, apakah yang dimaksud dengan information asymmetry ?
16. dalam pengertian information democracy  ada istilah information is ubuiqiutos ? apa maksudnya ?
17. sebutkan 3 dari lima ciri-ciri social customer, jelaskan?
18. dengan berubahnya model marketing tradisional menjadi kompleks, digunakannya mediaa social serta penggunaan social CRM menurut anda apakah pelanggan ?diuntungkan atau dirugikan ? berikan penjelasan ?

Jawab !!!
1.      Tujuan utama dari supply chain management adalah untuk memenuhi permintaan pelanggan melalui penggunaan sumberdaya paling efisien, termasuk kapasitas distribusi, persediaan dan tenaga kerja. Secara teori, sebuah supply chainberusaha untuk memenuhi permintaan dengan pasokan dan melakukannya dengan persediaan minimal.
2.      Tujuan
a.      Menentukan tingkat outsourcing yang tepat
Mengelola pembelian / pengadaan suatu barang
Mengidentifikasi masalah dan merespon masalah dengan cepat
3.      – 6 perusahaan yang menerapkan SCM
a.      Carrefour indonesia
b.      Pt. Frisian flag indonesia
c.      Pt. aneka tambang
d.      unilever
e.      nike
f.       samsung
4.      – 4 aspek ERP
a.      Aspek user
b.      Aspek komitmen
c.      Aspek pelatihan
d.      Aspek perubahan
5.      -7 keuntungan menggunakan ERP
a.      Integritas bisnis & Akurasi data
b.      Perancanaan & management sistem informasi
c.      peningkatan efisiensi dan produktivitas
d.      pembektukan standarisasi prosedur
e.      lebih mudah disesuaikan dengan kebutuhan bisnis
f.       penyimpanan data yang lebih aman
g.      mengurangi ketergantungan pada sumber daya IT
6.      – keuntungan terbesar yang diperoleh air asia dengan menerapkan CRM
a.      Eekti untuk mengatasi rute yang telah terbukti menguntungkan yaitu malaysia – singapura
b.      membantu perusahaan untuk mengindetiikasi pelanggan setia
c.      melaksanakan program loyalitas untuk memperlakukan mereka lebih baik
7.      – meningkatkan produktivitas bisnis seperti meningkatnya kecepatan proses data dan kecepatan proses bisnis
8.      Tujuan Customer Relationship Management (CRM)
Dalam penerapannya CRM memiliki beberapa tujuan menurut Lukas (2001:6), diantaranya :
a.      Mendapatkan pelanggan
b.      Mengetahui pelanggan
c.      Mempertahankan pelanggan yang menguntungkan
d.      Mengembangkan pelanggan yang menguntungkan
e.      Merubah pelanggan yang belum menguntungkan menjadi menguntungkan.

9.      -4 fitur aplikasi CRM
a.      Vtiger
b.      Sales force
c.      Zoho
d.      Sugar CRM
10. On-Premise CRM adalah CRM yang diterapkan secara konvensional, yang mana mulai dari pengadaan hingga pengaturan infrastruktur maupun software dilakukan oleh perusahaan itu sendiri. Seperti mulai dari Server, Developer, Design dan lain sebagainya dilakukan oleh perusahaan. Perusahaan dapat dengan mudah mengontrol semua database yang ada didalamnya karena semua data disimpan dimana perusahaan itu berada. Hanya saja, perusahaan perlu mengeluarkan biaya lebih besar karena harus merekrut tim IT sendiri.
Cloud Based CRM adalah CRM yang dioperasikan dengan sistem Remote Location dan tersedia untuk semua klien yang tersedia jaringan internet. Cloud Based CRM ini pada dasarnya adalah Software-as-a-Service dimana perusahaan cukup menggunakan aplikasi/software untuk menggunakan CRM. Semua data disimpan dalam cloud yang disediakan oleh penyedia atau provider. Perusahaan cukup log in pada Software untuk mengakses data pada CRM. Perusahaan pun tidak perlu melakukan pengadaan infrastruktur atau merekrut tim IT karena seluruh keperluan maupun pengaturan yang berhubungan dengan software dan server ditangani oleh provider.
11. Social CRM (SCRM) menggambarkan strategi bisnis yang menambahkan elemen media sosial ke manajemen hubungan pelanggan lama. … Tujuan jangka panjang dari CRM Sosial adalah untuk meningkatkan kepuasan dan pendapatan pelanggan.
12. 2 hal utama
·         CRM merupakan filosofi dan startegi bisnis yang didukung oleh teknologi peraturan bisnis proses
·         Sosial CRM menunjukan kuatnya power pelanggan di era social media
13. – mengunakan beberapa keunggulan social CRM dibandikan dengan tradisional CRM yang belum menginterasikan social media dalam sistem CRM
·         menjelaskan betapa pentingnya social CRM bagi perusahaan harapanya tulisan ini akan membuka maka perusahaan yang hingga saat ini belum mengimplementasikan social CRM dalam aktivitasnya
14.
 Gamification
Gamification merupakan istilah yang digunakan saat kita melakukan pengaplikasian mekanisme yang terdapat dalam permainan atau game, untuk kemudian diterapkan pada segala aktivitas non game. Dalam hal pemasaran, gamification dapat diterapkan untuk tujuan seperti meningkatkan engagement dan kompetisi di antara pelanggan. Sebagai contoh, menerapkan leaderboard tentang pelanggan yang paling memiliki poin terbanyak dalam hal penggunaan layanan produk A.
 E-mail Marketing
E-mail marketing menjadi salah satu saluran yang tepat untuk tetap menjalin hubungan dengan pelanggan. Mengingat, salah satu keunggulan dari e-mail marketing adalah karakteristiknya yang personal. Namun, kita pun perlu strategi yang tepat dalam penerapan saluran pemasaran satu ini; yang terpenting, jangan pernah mengirimkan e-mail marketing sesering mungkin sebab akan mengganggu atau bahkan dianggap sebagai spam.
Penawaran Ekslusif
Pelanggan menyukai segala bentuk penawaran ataupun promosi, telebih dengan penawaran yang bersifat ekslusif. Biasanya, penawaran ini diberikan sebagai tujuan program loyalitas pelanggan.
Sistem Poin
Sistem poin ini menjadi salah satu sistem reward yang patut untuk diterapkan. Semakin banyak pelanggan yang menggunakan produk/layanan kita, semakin banyak pula poin yang mereka kumpulkan. Nantinya, reward dari poin tersebut dapat ditukarkan dengan vocer, diskon, ataupun penawaran khusus lainnya yang nantinya dapat mendorong pembelian berulang.
15. Asymmetric information adalah suatu kondisi dimana salah satu pihak memiliki informasi lebih banyak atau lebih baik daripada pihak lain. Dalam konteks perusahaan, manajer memiliki informasi yang lebih baik tentang kondisi perusahaan dibandingkan dengan investor yang tidak terlibat didalam manajemen.
16. Ubiquitous computing system merupakan perubahan paradigma dari personal computing menjadi physical integration.
17. Media sosial mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:
·         Pesan yang di sampaikan tidak hanya untuk satu orang saja namun bisa keberbagai banyak orang contohnya pesan melalui SMS ataupun internet
·         Pesan yang di sampaikan bebas, tanpa harus melalui suatu Gatekeeper
·         Pesan yang di sampaikan cenderung lebih cepat di banding media lainnya  Penerima
·         pesan yang menentukan waktu interaksi
18. CRM bukanlah sebuah teknologi tapi sebuah strategi. Tujuan dari CRM adalah mampu memuaskan pelanggan, baik dengan menggunakan teknologi ataupun tidak. Kunci dari memuaskan pelanggan adalah bagaimana kita bisa mengidentifikasi konsumen, mengetahui keinginan dari konsumen dan kemudian mengetahui opini dari konsumen terhadap produk ataupun perusahaan kita. Kita hidup di dunia globalisasi dan dunia tanpa batas.


Share this article :
+
This is the current newest page
0 Komentar untuk "Soal dan jawaban Sistem Enterprise"