Visit Namina Blog

Google Hangouts " Fitur_Kelebihan Dan Kekurangan"

Artikel Google Hangout


Google Hangout
Google Hangouts adalah sebuah platform komunikasi yang dikembangkan oleh Google yang mencakup instant messaging, video chat, SMS dan fitur VOIP.
Ia menggantikan tiga produk messaging yang dilaksanakan Google bersamaan dalam layanannya, termasuk Google Talk, Google+ Messenger (sebelumnya: Huddle), dan Hangouts, sebuah video chat sistem hadir dalam Google+. Google juga menyatakan bahwa Hangouts dirancang untuk menjadi "masa depan" dari produk telepon, Google Voice, dan terintegrasi beberapa kemampuan dari Google Voice ke Hangouts. Dalam versi terbaru dari Android, Hangouts adalah aplikasi default untuk teks messaging. 
Untuk pengguna akun Google atau pengguna Android tentunya sudah tidak asing lagi dengan Google Hangouts, namun diluar sana ada banyak orang yang belum terlalu mengenal Google Hangouts. Terutama untuk mereka yang masih pemula dalam menggunakan produk Google. Google Hangouts merupakan salah satu aplikasi atau fitur yang bisa kita dapatkan jika kita menggunakan smartphone Android.
Google Hangouts merupakan layanan messeging yang memiliki banyak fungsi yaitu bisa untuk Google Talk, Google Plus Messeging dan juga Google Plus Video Call (video chat). Dulunya sebelum Google Hangouts dibuat tiga fitur aplikasi ini terpisah dan hanya bisa diakses melalui website Google Plus dan email Google. Namun karena perkembangan instant messeging membuat Google ikut serta dalam meramaikan daftar instant messeging didunia.
Untuk memberikan kemudahan penggunanya, Google Hangouts juga bisa mengintegrasikan antara fitur SMS pada smartphone dengan aplikasi Google Hangouts. Jadi kita bisa SMSan menggunakan Google Hangouts.


Manfaat dan kegunaan Google Hangouts

Fitur dan aplikasi Google Hangouts ini menurut saya memiliki banyak fungsi. Berikut ini beberapa kegunaan, manfaat dan fungsi yang bisa kita dapatkan dari Google Hangouts yaitu:
·      Bisa SMSan menggunakan Google Hangouts.
·      Bisa chatting sambil video call bahkan dengan 10 orang sekaligus.
·      Bisa chatting seperti instant messeging lainnya.
·      Dan manfaat lain-lainnya (ini bisa diketahui jika kita menggunakannya).



          Kelebihan dan kekurangan Aplikasi Google Hangouts   

Meskipun Google terkenal akan keberhasilannya dalam mengembangkan suatu produk baru tapi setiap produk yang dibuatnya juga memiliki beberapa kekurangan dan kelebihan. Berikut ini beberapa kekurangan dan kelebihan yang dimiliki oleh Google Hangouts.


Kekurangan Google Hangouts
·      Memiliki tampilan yang mirip dengan aplikasi messenger lain.
·      Memiliki jumlah pengguna yang masih sedikit.
·      Aplikasi ini tidak terlalu populer dan kurang terkenal.
·      Aplikasi ini terlalu berat untuk smartphone yang RAMnya kecil karena ukurannya kecil.
·      Jumlah penggunanya masih sedikit.
·      Tidak memiliki banyak fitur seperti aplikasi messenger lainnya.

Kelebihan Google Hangouts

·      Memiliki tampilan yang user interface.
·      Mudah digunakan.
·      Bisa chat sambil video call.
·      Tidak perlu mendaftar cukup menggunakan akun Google saja sehingga tidak perlu registrasi berulang-ulang.
·      Bisa digunakan untuk SMS-an.


Google hangout adalah layanan video chat gratis dari google yang mengaktifkan antara pengguna yang satu dengan pengguna yang lain dan grup dapat melakukan chat lebih dari 10 orang di waktu yang sama. 




DENGAN MEMPELAJARI VIDEO CONFERENCE/GOOGLE HANGOUTS :
1.  Siswa dapat mempelajari , memahami dan memanfaatkannya untuk berinteraksi dengan Guru
2.  Siswa  mampu  menguasai dan mengikuti perkembangan TEKNOLOGI Dibidang  KOMUNIKASI secara ONLINE
3. Dapat digunakan sebagai media pembelajaran dengan fitur video conference
4. Memperkenalkan aplikasi bawaan google yakni google hangouts kepada masyarakat luas





Fitur-Fitur Terbaru yang disediakan oleh  Google Hangouts

·         Mendukung SMS

Hangouts kini tak hanya mendukung chatting sesama google user, namun dapat mengirimkan sms secara langsung di aplikasi Hangouts dan fungsi Hangouts sama seperti aplikasi "messaging" di Android, karena itu bagi anda yang bosan dengan user interface aplikasi pesan dari smartphone kalian, tidak ada salahnya mencoba aplikasi satu ini. Karena fungsinya yang sama dengan aplikasi SMS, Hangouts menjadi aplikasi default SMS di Android 4.4 Kitkat.
·         Penambahan "butter"

Kata "butter" diperkenalkan sejak 4.1 Jellybean dengan nama butter project, kata butter berasal dari bahasa inggris yang berarti mentega, maksudnya Google memperbaiki bug yang ada serta membuat aplikasi lebih cepat, hal ini dianalogikan seerti mentega yang dapat melicinkan permukaan. Karena itu ketika pengguna terus meng-update Hangouts pengguna akan merasakan perbaikan oleh pihak google. Akan tetapi bug yang terdapat di Hangout tidaklah sedikit. Semoga saja kedepannya aplikasi ini dapat berkembang dengan baik.
·         Emoticon standard, fitur chat standard


Google membuat emoticon standard sendiri dan mencoba menyaingi emoticon standard milik blackberry,  iOS, atau aplikasi messenger lainnya seperti Line dan whatsapp, sayangnya emoticon buatan google ini kurang populer di kalangan remaja. Jumlah emoticon Hangouts tidak terlalu banyak, malah terkesan menjiplak emoticon milik Whatsapp.
·         Mengirimkan lokasi kita dan gambar

Fitur lainnya kita dapat mengirimkan lokasi kita dan gambar, fitur ini lagi - lagi mirip Whatsapp, namun dibungkus dengan tampilan khas Google. Untuk mengirim gambar dan lokasi via SMS, Hangouts akan otomatis mengirim dengan format MMS dengan biaya khusus, namun apabila via chat, Hangouts akan mengirim seperti messenger lainnya.

·         Hangouts Video

Rasanya belum lengkap kalau nge-hangouts tanpa bertatap muka, sejak Google+ diperkenalkan, google mencuri perhatian dengan video call group hingga 10 orang, tentunya ini merupakan kelebihan tersendiri, dan Facebook pun ikut meluncurkan fitur serupa. Walaupun aplikasi chatting lainnya memiliki fitur video call, harus diakui Hangouts lebih stabil dibanding aplikasi chatting lainnya seperti Line dan KakaoTalk.
Dengan men-support SMS, Google sepertinya mencoba merebut pengguna mobile khususnya Android untuk meninggalkan aplikasi messenger lainnya. Dengan fitur 2-in-1 pengguna tidak perlu repot berpindah aplikasi untuk sms dan chatting, sayangnya fitur Hangouts sangat standard malah mirip dengan aplikasi whatsapp.
Percakapan Off the Record
Dengan menggunakan Google Hangouts, Anda bisa melakukan percakapan off the record. Tergantung dari percakapan yang ingin Anda lakukan, ini bisa menjadi cara jitu untuk sesuatu yang mungkin kurang disukai.
Phone Calls
Melalui Google Hangouts ini, Anda bisa melakukan panggilan telefon. Bahkan jika Anda memiliki Google Voice, Anda bisa melakukan panggilan sampai ke luar negeri.
Ponies
Fitur ini merupakan salah satu fitur dari Google Hangouts’s Easter Egg. Anda bisa melihat kuda poni yang menari-nari di layar Anda.
Gambar
Pada aplikasi Hangouts ini, Anda bisa mencoba menggambar sesuatu ketimbang menuliskan pesan. Google Hangouts ini bisa membuat gambar yang melayang.
New Chat Window
Mungkin Anda juga tidak ingin terus menerus terpaku pada Window Hangouts Anda. Tapi Hangouts juga memiliki cara mudah untuk membuat new chat window sendiri. 

Perbeda-an antara Google+, Google Drive, dan Google Hangouts

adalah:
-Jika Google+ adalah jejaring sosial yang mirip dengan FB (Facebook) dan Linkedin, untuk  menjalani pertemanan melalui email di gmail.com.
-JIka Google Drive adalah jejaring sosial yang memiliki fungsi untuk membuat dan berbagi data dan  dokumen di Google Drive. Kita juga bisa mengakses data File darimana saja di rumah atau di kantor  yang terhubung dengan Internet.
-JIka Google Hangouts adalah fitur layanan Vidio Chat yang geratis, untuk obrolan satu lawan satu atau obrolan grup "hingga 10 orang" dalam waktu bersama-an.



Share this article :
+
0 Komentar untuk "Google Hangouts " Fitur_Kelebihan Dan Kekurangan""